bayisehatonline

Home » » NYERI TULANG BELAKANG PADA ANAK

NYERI TULANG BELAKANG PADA ANAK

Unknown | 21.02 | 0 komentar




NYERI tulang belakang tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak-anak juga bisa mengalaminya, Apa yang menjadi penyebabnya!
Saat pergi ke dokter akan dilakukan berbagai pengecekan  dan pemeriksaan untuk menentukan penyebab pasti kelainan  pada tulang belakang diantarannya  pemerikasaan pada saraf otot dan tulang belakang. Selain itu itu akan diperiksa postor  dan cara berjalan . Pemeriksaan  reflek gerak juga dilakukan untuk mengetahui  ada tidaknya masalah pada oto atau pada saraf anak.

Untuk menentukan  jenis penyakit tidak mudah, sehingga perlu pemeriksaan tambahan diantarannya
  1. PENCITRAAN :
      Dokter dapat menggunakan beberapa cara untuk melihat kondisi tulang   
      belakang diantaranya:
      -  Pemeriksaan rontgen  (X XRAY)
      -  Pemeriksaan  bone scans
      -  Pemeriksaan  Computed tomography (CT) scan.
      -  Magnetic resonance imaging (MRI)

   2. TES LABORATORIUM
       Pemeriksaan darah  yang dilakukan adalah  pemeriksaan  untuk 
       mengetahui  ada tidaknya infeksi. Pemeriksaan  lainnya, misalnya  
       penanda tumor.
       Ada beberapa  penyebab yang sering terjadi  pada anak yang 
       mengalami   masalah pada  tulang belakang. Diantaranya adalah  
       sebagai  berikut: 

  •   REGANGAN OTOT  DAN KETIDAK SEIMBANGAN
        Regangan otot biasanya  penyebab yang sering terjadi  biasanya terjadi  karena  kelemahan  otot perut atau  adanya  otot  hamstring  yang ketat, Biasanya akan sembuh  dengan pemberian obat  dan latihan  yang ditunjukan  untuk peregangan  oto hamstring dan  dan penguatan otot perut . Pada  beberapa anak  meskipun sudah dilakukan latihan , Masih mengalami rasa nyeri. DAlam kondisi ini dokter akan melakukan pemeriksaan lebih dalam. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan Fisioterapi dan latihan penguatan otot.    
  

  •   PUNGGUNG BUNGKUK  
        Pada  anak yang sudah  beranjak  dewasa dapat mengalami penyakit punggung, dapat mengalami penyakit punggung bengkok yang dikenal dengan SCHEUERMANN'S KYPHOSIS. Penyebab penyakit ini tidak diketahui pasti. Penderita biasanya  mengalami bungkuk dan merasakan nyeri, kadang dapat menekan saraf. Pada  beberapa kasus, bungkuk terjadi secara progresif untuk mengatasi masalah  dilakukan pemasangna gips serial pada kurva yang cukup kaku, latihan untuk tulang belakang dan fisioterapi. Jika nyeri dirasakan mengganggu diberikan obat anti nyeri. Tindakan pembedahan jarang dilakukan . Indikasi pembedahan jika terdapat kelengkungan  yang berlebihan, atau  terdapat gangguan saraf akibat penekanan.



  •   PATAH AKIBAT TEKANAN PADA TULANG BELAKANG (STRESS FRACTURE) 
Akibat  tekanan dan aktivitas berlebihan pada posisi yang salah dapat terjadi sprondylosis atau stress  fracture, atau  patah akibat tekanan, Hal ini  dapat terjadi pada anak muda  yang sedang mengalami pertumbuhan  tulang, Biasanya melakukan saat olah raga dengan memutar  tubuh dan membengkokkan punggung  ke belakang, seperti olah raga senamn, sepakbola atau menyelam. Nyeri biasanya dirasakan  tidak terlalu parah, dapat menyebar hingga bokong  dan kaki jika sudah terjadi jepetinan pda saraf . Keluhan bertambah saat melakukan aktivitas dan berkurang saat istirahat. 

  •  TULANG BELAKANG BERGESER  F
Terjadi  pergeseran satu segmen tulang belakang terhdap segmen yang lain. Biasanya terjadi pergeseran pada bagian bawah tulang belakang. Sebagian besar kasusnya ringan, hanya beberapa saja  yang menimbulkan rasa nyeri yang amat dan mengalami pergeseran progresif sehingga mengakibatkan penekanan pada saraf tulang belakang. Pada anak  hal ini  yang penting dilakukan adalah pencegahan dengan pengamatan ketak kemungkinan terjadinya progresivitas. Pada anak yang sudah besar di lakukan pemasangan  bracing.

  •  INFEKSI 
 Pada anak yang masih muda infeksi pada bantalan sendi tulang belakang  (diskis) dapat mengakibatkan nyeri tulang  nelakang . Bisanya menyeranmg anak  antara 1 - 5 tahun, Pada usia yang  lebuh tua masih dapat terjadi meski kemungkinan kecil.

GEJALA PADA ANAK yang menderita DISKTIS diantaranya :
  1.  Nyeri pada punggung bawah atau pada perut dan tulang belakang tersasa kaku.
  2. Berjalan pincang atau kadang malas berjalan karena nyeri.
  3. Jongkok  dengan poisisi tulang belakan tegak, bukan menekuk , saat  akan mengambil barang  dibawah , Karena pada posisis tegak tidak telalu nyeri.
Untuk  mengatasi penyuakit ini anak diistirahatkan dan di berikan antibiotik melakukan infus. Pada beberapa kasus dilakukan pemasangan  brancing.

  •   TUMOR  
  Tumor dapat  menyebabkan  nyeri tulang belakang  pada anak. Angka kerjadiannya   kecil. misalnya jenis  asteroid  asteam . Biasanya  di temukan dibagian tengah  tulang belakang . Nyeri merupakan keluhan utama  makin lama makin parah , keluhan nyeri  dirasakan menetap  dan tidak berhubungan dengan aktivitas, biasanya pada malam hari. Pengobatan biasanya tergantung pada jenis tumor.


  •   KONDISI BAHAYA  
WASPADA  jika  nyeri pada tulang belakang pada anak dengan gejala-gejala serperti ini :
  1. Demam  atau penurunan berat badan
  2. Kelemahan  atau kesemutan
  3. Nyeri yang menjalar pada  satu atau kedua kaki
  4. Gangguan pada buang air besar atau buang air kecil
  5. Nyeri yang membuat  anak sulit tidur.
jka terjadi masalah tulang belakang  yang lebih serius  perlu identifikasi dan penanganan segera dibawa ke dokter



SUMBER : MAJALAH KESEHATAN DOKTER KITA
Share this article :
 
TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG BAYISEHATONLINE Support : Creating Website |BAYISEHATONLINE |
Copyright © 2011. BAYI SEHAT ONLINE - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger