bayisehatonline

Home » » 20 MITOS & FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN

20 MITOS & FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN

Unknown | 22.23 | 0 komentar



1.   MITOS WANITA  JANGAN MANDI AIR PANAS  SAAT HAMIL
BENAR  :  wanita hamil sebaiknya menghindari berendam air panas, sauna atau hoststeam yang suhunya melebihi 38 derajat celcius. PENELITI  menunjukkan adanya pengaruh peningkatan suhu tubuh  dengan perkembangan sel janin, terutama selama trimester pertama
2.   MITOS WANITA HAMIL DILARANG MEMELIHARA KUCING
SALAH  : Sah-sah saja tetap bermain dan member makan si kucing kesayangan . NAMUN sebaiknya mintalah bantuan orang lain  untuk mengurus kotorannya, agar anda terhindar dari risiko terkena toksoplasma. Kotoran kucing mengadung  virus yang dapat membahayaan janin. Agar aman pastikan kucing peliharaan anda mendapat vaksinasi dan negative mengandung parasit.
3.   MITOS JAUHI TELPON GENGGAM
BENAR : Tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk menggunakan telepon genggam. Namun memang ada himbuan bagi wanita  hamil agar jauh dari radiasi handphone. Beberapa  penelitian telah mempublikasikan  bahwa radiasi  telepon genggam dapat mempengaruhi perkembangan otak janin  tentunya jika penggunaan telepon genggam berlebihan
4.   MITOS MORNING SICKNESS BERHUBUNGAN DENGAN IQ BAYI
BENAR : Sebanyak 50%  - 90 % wanita hamil biasanya  mengalami mual dan pusing  di awal kehamilannya atau biasa disebut morning  sickness. Sebuah  peneletian  yang dilakukan sebuah rumah sakit  anakdi Totonto mengungkapkan  morning sickness dalam kehamilan mungkin pertanda tingginya tingkat IQ pada anak.  Hormon kehamilan yang berhubungan  dengan morning sickness dicurigai mempengaruhi perkembangan otak bayi selama masih dalam rahim.
5.   MITOS DILARANG NAIK PESAWAT TERBANG KETIKA HAMIL
SALAH : Wanita hamil bebas bepergian dengan pesawat. Namum maskapai  penerbangan  memang memperketat aturan bagi wanita hamil. Sesuai dengan procedure penerbangan. Wanita hail yang usianya lebih dari 28 minggu  harus membawa surat rekomendasi dari dokter
6.   MITOS BENTUK PERUT MENUNJUKAN JENIS KELAMIN
SALAH  :  Ada anggapan jika wanita hamil bentuk perutnya turun punya bayi laki-laki, sedangkan jika bentuk perutnya tinggi akan punya bayi perempuan. Nyatanya bentuk perut saat hamil ditentukan oleh tonus otot. Bentuk tubuh usia kehamilan posisi bayi didalam rahim dan tidak berkoretasi dengan  jenis kehamilan bayi
7.   MITOS MELAKUKAN SEKS DAPAT MERUGIKAN JANIN
SALAH : Selama hamil tidak dilarang untuk berhubungan seks . Hubungan seks tidak akan mengganggu perkembangan bayi. Akan tetapi perlu  diingat kondisi kahamilannya juga perlu dijaga. Melakukan hubungan seks tidak akan bermasalah karena janin  terlindungi oleh selaput dan cairan ketuban. Dengan  catatan hubungan seks wajar atau dengna kata lain tida ekstrem.
8.   MITOS MUAL-MUAL HANYA PAGI HARI
SALAH  :  Faktanya  perubahan  hormone pada wanita hamil dpat terjadi sepanjang  hari. Sehingga rasa mual  bias saja mengampiri pada siang. Sore atau malam hari.
9.   MITOS MORNING SICKNESS TANDA AKAN MENDAPAT BAYI LAKI-LAKI
SALAH : Perbedaan hormon yang dihasilkan  janin perempuan dan janin laki-laki  memicu perbahan derajat  morning sickness yang dirasa. Jika morning sickness yang dialami ibu cukup parah kemungkinan besar anaknya perempua. Sebaliknya jika  tidak mengalami morning sickness atau tidak terlalu berat akan mendapat bayi laki-laki. Kemungkinan mitos ini benar cukup tinggi dokter juga mempercayainya. Dikarenakan  hormone relaxin yg memperoduksi tubuh bertanggung jawab atas rasa mual dan kenyamaan ibu hamil  dan wanita yang mengadung bayi perempuan. Lebih rentan tehadap morning sickness
10.MITOS  BAYI PERTAMA  BIASANYA LAHIR TERLAMBAT
BENAR :  Sekitar 60% bayi pertama lahir  setalah tanggal perkiraan , 35% lahir lebih cepat, dan 5% lahir sesuai tanggal perkiraan. Waktu kalahiran biasanya  berkaitan dengan lamanya siklus  menstruasi ibu. JIka siklus pendek  biasanya ibu melahirkan lebih cepat dari tanggal perkiraan Dan  sebaliknya  jika siklusnya panjang  biasaya ibu melahirkan melewati tanggal perkiraan.
11.MITOS SAKIT PINGGANG BISA DIHINDARI SAAT HAMIL
BENAR  : Sakit pinggang bisanya dihindari. Misalna dengan memperhatikan postur tubuh. Jangan membungkuk untuk mengambil benda yang di lantai, sebainya tekik kaki anda dan turunkan  bahu utk menjangkau benda dilantai. Kurangi penggunaan sepatu hak tinggi karena dapat menimbulkan ketengangan  pada punggung dan menimbulkan sakit pinggang . lakukan gerakan peregangan ringan  agar otot di daerah  pinggang dan pinggul tidak kaku
12.    MITOS MAKANAN PEDAS MEMPERCEPAT KALAHIRAN
SALAH : Tak ada bukti ilmiah yg benar –benar valid bahwa  makanan pedas bias mengakibatkan kontraksi dan berpengaruh pada janin. Pengarh makanan pedas lebih kepada ibu. Jika terlalu banyak mengkonsumsinya biasanya menimbulkan rasa mulas. Hal ini terjadi karena adanya iritasi  lambung , bukan karena kontraksi melahirkan.
13.    MITOS HINDARI PENGECATAN RAMBUT SAAT MELAHIRKAN
SALAH : Saat hamil ibu sebaiknya menghindari terpapar poduk bahan kimia dalam pewarna rambut yang dpt  terserap kulit dalam jumlah yang kecil tidak membahayakan . Terkadang  bau menyengat dari produk perawatan  rambut dapat menyebabkan mual, jadi gunakanlah di tempat yang ventilasinya memadai. Serta  pastikan jika produk pewarna yang anda gunakan adalaj produk yang aman dan sudah disertifikasi dinas kesehatan.
14.    MITOS MAKAN ASIN AKAN MENDAPAT BAYI LAKI-LAKI SEDANGKAN MAKAN  
         MANIS AKAN MENDAPAT BAYI PEREMPUA
SALAH :        Wajar bila wanita hamil selera makannya meningkat  dan menginginkan  berbagai macam makanan. Namun selera makan yang cenderung  menyukai asin dan manis.
15.    MITOS WANITA HAMIL CENDERUNG TIDUR KE KIRI
SALAH : Tidur  dengan posisi miring kekiri akan membuat anda pegal. Tidurlah dengan posisi yang nyaman  bagi anda. Beberapa  dokter ada yang menyarankan  tidur miring ke kiri dapat meningkatkan  aliran darah ke uterus dan placenta.
16.    MITOS SUAMI JUGA MENGALAMI PERUBAHAN HORMON SAAT ISTRI HAMIL
BENAR : Suami juga bias mengalami perubahan horman saat istri sedang hamil. Sering dijumpai suami yang mengalami couvades syndrome. Dimana suami  juga merasakan mual, sakit punggung , ngidam sera ikut bertambah berat badan.
17.    MITOS MENYUSUAI MEMBUAT PAYUDARA TURUN
SALAH :  Para peneliti talah mengonfirmasi bahwa menyusui tidak menyebabka  breast ptosis  atau panyudara turun . Jadi ibu tidak perlu ragu menyusau buah hati ibu.
18.    MITOS MELAHIRKAN DENGAN MUDAH ADALAH KETURUNAN
SALAH :  Mungkin ibu anda mewarikan panggul yang besar  yang memudahakan proses persalinan. Faktor  kelancaran dan normal juga dipengaruhi bobot bayi, posisi bayi, kesehatan ibu dan gaya hidup.
19.    MITOS DOYAN MAKAN DAGING BAYI LAKI-LAKI, DOYAN SAYURAN  BAYI 
         PEREMUAN
SALAH : Sebernarnya  jenis  kalamin bayi telah ditentukan saat  sel telur  bertemu dengan sel sperma . Ketika terjadi perubahan dengan sel gamet ayah membawa kromoson x maka bayi akan  berkelamin  perempua, sedangkan gamet ayah membawa kromoson y bayi akan berkalamin laki-laki
20.    MITOS  KEHAMILAN MEMBUAT UKURAN SEPATU BERTAMBAH
BENAR :  Sebagian besar  wanita mengalami beberapa pembengkakan  di pengelanan kaki, talapak tangan  dan betis selama kehamilan.

Nah inilah 20 mitos ibu hamil Artike ini diambil dari majalah kartini (edisi khusus ibu dan anak

Share this article :
 
TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG BAYISEHATONLINE Support : Creating Website |BAYISEHATONLINE |
Copyright © 2011. BAYI SEHAT ONLINE - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger