bayisehatonline

Home » » PENYAKIT PADA ANAK DAN PENYEMBUHANNYA

PENYAKIT PADA ANAK DAN PENYEMBUHANNYA

Unknown | 20.53 | 0 komentar
SELESMA


Penyakit salesma biasa ditandai dengan batuk, pilek dan demam. Ibu tidak perlu cemas bila demam dibawah 38,5 celcius , dan anak masih aktif bermain dan mau makan. Selesma bisa sembuh dengan sendirinya, pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi dan cukup istirahat agar cepat sembuh .
  • Jika  kondisi anak memburuk , suhu  tubuhnya lebih dari  38,5 celcius. batuk-batuk hebat, sangat rewel dan anak mengeluh sulit bernapas bawalah kedokter.


DIARE

DIARE  pada anak umumnyanya disebabkan  oleh  rotavirus dan dapat berlangsung  sekitar 5-7 hari. Diare kerap terjadi pada anak-anak karena daya tahan tubuhnya  rendah. Ibu bisa  merawat anak dengan memberikan  oralit agar anak tidak kekurangan  cairan tubuh. JIka  anak masih menyusui, teruskan pemberian ASI . Konsumsi juga  pisang atau apel  karena dapat memandatkan tinja  dan menyerap racun. Pantau status dehidrasi anak seperti memonitor jumlah buang air  kecil dan besar serta jumlah cairan  yang diminum
SEGERA BAWA ANAK ANDA KE DOKTER jika mengalami  dehidrasi , demam, muntah-muntah, serta terdapat  darah dan lendir dalam tinja.  KEMUNGKINAN ada infeksi  yang disebabkan  oleh  bakteri sehingga memerlukan pertolongan dokter.


DEMAM

DEMAM  dapat merupakan bagian dari suatu penyakit . Perlu  ibu ingat  demam bukanlah  penyakit  utama. Anak-anak  sering mengalami  demam . Kondisi ini merupakan reaksi atas pertahanan  tubuh  terhadap penyakit . Bila suhu  38 derajat celcius  ibu tidak perlu panik . Rawat anak dengan kompresan  hangat dan berikan cairan yang cukup. Jika suru diatas  38 derajat celcius  atau anak menggigil pastikan anak mendapat  obat penurun panas  seperti parasetamol atau ibuprofen dan sebaiknya  diselimuti  dengan kain yang tidak tebal.
KAPAN KE DOKTER :
  • Jika  anak mengalami demam tinggi yang berlangsung lebih dari  2 hari. apalagi  disertai nafsu makan  berkurang.
  • Diare
  • Muntah
  • Lemas
  • JIka  usia anak anda kurang 3 bulan mengalami demam  sebaiknya langsung dibawa kedokter


 CACAR AIR CAMPAK

Cacar air atau varisela  sering  menyerang anak, penyakit. Penyakit ini
disebabkan oleh virus Varicella Zooster. Cacar air  dapat sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh membaik. Saat mengalami cacar air sebaiknya anak tetap mandi teratur menggunakan  sabun antiseptik untuk meminimalisir infeksi kuman
Ingatkan anak agar jangan menggaruk atau memecahkan kulit yang melenting karena akan memudahkan infeksi  bakteri dan akan meninggalkan bekas
KAPAN KE DOKTER :
Saat muncul bintik-bintik merah berair  pada tubuh anak, segera  bawa ke dokter agar mendapat pengobatan yang lebih baik.


CAMPAK

Campak diawali dengan deman , batuk pilek, mata merah, diikuti dengan timbulnya  ruam di leher  dan menyebar ke seluruh  tubuh . Campak akan mudah  sekali menular bila  daya tahan tubuh menurun. Agar cepat sembuh  anak harus beristirahat yang cukup dan berikan makanan bergizi  untuk meningkatkan daya tahan tubuh .
Pendapat yang mangatakan bahwa  anak yang terkena campak tidak boleh mandi  adalah keliru. Jika tubuh anak tidak bersih akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

KAPAN KE DOKTER :
Bila suhu tubuh tinggi  atau ada gejala lain yang timbul , msalnya kejang-kejang atau sesak napas segeralah pergi kedokter. Jiak usia anak 9 bulan  jaringan lupa  untuk imuniasi campak pada anak



sumber majalah kartini
Share this article :
 
TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG BAYISEHATONLINE Support : Creating Website |BAYISEHATONLINE |
Copyright © 2011. BAYI SEHAT ONLINE - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger